Tanya : Seseorang
datang terlambat menuju masjid dimana ketika itu ia mendapatkan jama’ah
dalam keadaan tasyahud akhir. Apakah orang tersebut langsung bergabung
dengan mereka atau menunggu jama’ah berikutnya ? Apabila orang tersebut
bergabung dengan jama’ah saat tasyahud akhir, kemudian ia mendengar
jama’ah baru (akan ditegakkan), apakah ia memutuskan shalatnya (dan
bergabung dengan jama’ah yang baru) atau menyempurnakannya (bersama
jama’ah terdahulu) ?
Jawab : Apabila
ia datang (ke masjid) sedangkan imam pada waktu itu sedang tasyahud
akhir,
dimana ia mengetahui bahwasannya ia akan mendapatkan jama’ah
berikutnya; maka ia hendaknya menunggu untuk shalat bersama jama’ah
berikutnya. Karena pendapat yang kuat mengatakan bahwa jama’ah itu tidak
didapatkan kecuali mendapatkan (minmal) satu raka’at sempurna. Namun
apabila ia tidak punya harapan untuk mendapatkan seseorang untuk shalat
bersamanya, maka yang afdlal ia
masuk bergabung dengan jama’ah pertama meskipun dalam keadaan tasyahud
akhir. Karena mendapatkan sebagian shalat (berjama’ah) itu itu lebih
baik daripada tidak mendapatkan sama sekali.
Apabila
ia masuk bergabung bersama imam dengan perkiraannya bahwasannya ia
tidak akan mendapatkan jama’ah (yang baru), kemudian (tiba-tiba) hadir
jama’ah baru dan ia mendengar mereka shalat, maka tidak mengapa jika ia
memutuskan shalatnya dan kemudian bergabung untuk shalat dengan jama’ah
yang baru. Atau bisa juga ia meniatkan shalatnya tersebut sebagai shalat
nafilah (sunnah) yang
kemudian ia sempurnakan dua raka’at (dan salam). Baru setelah itu
bergabung dengan jama’ah yang baru dan shalat bersama mereka. Dan
apabila ia terus melanjutkan dan menyempurnakan shalatnya (dengan
jama’ah yang pertama), maka ini pun tidak mengapa. Ia bisa memilih salah
satu dari tiga hal yang telah dijelaskan.
[selesai]
Diterjemahkan oleh Abul-Jauzaa’ dari Mukhtar min Fataawaa Ash-Shalah, hal. 66 oleh Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin – dinukil melalui perantaraan kitab Al-Fataawaa Asy-Syar’iyyah fil-Masaailil-‘Ashriyyah min Fataawaa ‘Ulamaa Al-Baladil-Haraam hal. 178-179 yang dikumpulkan oleh Dr. Khalid bin ‘Abdirrahman Al-Juraisiy; Cet. 1/1420.
Teks asli :
إدراك المسبوق للتتشهد الأخير
السؤال : شخص أتى إلى المسجد متأخراً، وأدرك الجماعة وهم في التشهد الأخير؛ هل يلحق بهم أم ينتظر الجماعة القادمة ؟ وإذا التحق بالجماعة في التشهد الأخير، ثم سمع جماعة جديدة؛ هل يقطع صلاته أم يتمها ؟.
الجواب : إذا كان الذي جاء والإمام في التشهد الأخير يعلم أنه سيجد جماعة؛ فإنه ينتظر ويصلي مع الجماعة؛ لأن القول الراجح أن الجماعة لا تدرك إلا بركعة كاملة، أما إذا كان لا يرجو وجود أحد يصلي معه؛ فإن الأفضل أن يدخل معهم، ولو في التشهد الأخير؛ لأن إدراك بعض الصلاة خير من عدم الإدراك بالكلية.
وإذا قدر أنه دخل مع الإمام لعلمه أنه لا يجد جماعة، ثم حضرت جماعة، وسمعهم يصلون؛ فلا حرج عليه أن يقطع صلاته ويذهب معهم ويصلي، أو ينويها نفلاً، ويتمها ركعتين، ثم يذهب مع هؤلاء القوم ويصلي معهم، وإن استمر على ما هو عليه فلا حرج، فله أن يفعل واحداً من هذه الأمور الثلاثة
السؤال : شخص أتى إلى المسجد متأخراً، وأدرك الجماعة وهم في التشهد الأخير؛ هل يلحق بهم أم ينتظر الجماعة القادمة ؟ وإذا التحق بالجماعة في التشهد الأخير، ثم سمع جماعة جديدة؛ هل يقطع صلاته أم يتمها ؟.
الجواب : إذا كان الذي جاء والإمام في التشهد الأخير يعلم أنه سيجد جماعة؛ فإنه ينتظر ويصلي مع الجماعة؛ لأن القول الراجح أن الجماعة لا تدرك إلا بركعة كاملة، أما إذا كان لا يرجو وجود أحد يصلي معه؛ فإن الأفضل أن يدخل معهم، ولو في التشهد الأخير؛ لأن إدراك بعض الصلاة خير من عدم الإدراك بالكلية.
وإذا قدر أنه دخل مع الإمام لعلمه أنه لا يجد جماعة، ثم حضرت جماعة، وسمعهم يصلون؛ فلا حرج عليه أن يقطع صلاته ويذهب معهم ويصلي، أو ينويها نفلاً، ويتمها ركعتين، ثم يذهب مع هؤلاء القوم ويصلي معهم، وإن استمر على ما هو عليه فلا حرج، فله أن يفعل واحداً من هذه الأمور الثلاثة
Tidak ada komentar:
Posting Komentar