Pages - Menu

Rabu, 21 Maret 2012

Kehidupan Akhirat



Bagian dari aqidah Islam yang wajib diyakini oleh setiap muslim adalah keyakinan tentang adanya kehidupan akhirat. Keyakinan ini termasuk rangkaian dari iman kepada hari akhir atau hari kiamat, dimana setelah


manusia mati dan meninggalkan kehidupan dunia maka ia akan masuk ke dalam kehidupan yang disebut dengan kehidupan akhrirat. Berikut penjelasan al qur’an tentang kehidupan akhirat:







Artinya: dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.

Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelum Muhammad s.a.w. ialah kitab-kitab yang diturunkan sebelum Al Quran seperti: Taurat, Zabur, Injil dan Shuhuf-Shuhuf yang tersebut dalam Al Quran yang diturunkan kepada para Rasul. Allah menurunkan Kitab kepada Rasul ialah dengan memberikan wahyu kepada Jibril a.s., lalu Jibril menyampaikannya kepada Rasul. Jadi keyakinan tentang eksistensi hari akhirat juga diajarkan oleh nabi-nabi terdahulu sebagaimana tercantum dalam kitab-kitab diatas.


Yakin akan adanya (kehidupan) akhirat ialah kepercayaan yang kuat dengan tidak dicampuri keraguan sedikitpun. Akhirat lawan dunia. Kehidupan akhirat ialah kehidupan sesudah dunia berakhir. Yakin akan adanya kehidupan akhirat ialah benar-benar percaya akan adanya kehidupan sesudah dunia berakhir.
Allah ta’ala berfirman:

  





Artinya: Karena itu hendaklah orang-orang yang menukar kehidupan dunia dengan kehidupan akhirat berperang di jalan Allah. Barangsiapa yang berperang di jalan Allah, lalu gugur atau memperoleh kemenangan maka kelak akan Kami berikan kepadanya pahala yang besar.

Orang-orang mukmin seharusnya mengutamakan kehidupan akhirat atas kehidupan dunia ini. Karena sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah sementara dan manusia pasti akan mati sedangkan kehidupan akhirat adalah kehidupan yang kekal.



 
 

Artinya: Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan).



 
 


Artinya: Allah meluaskan rezki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki. Mereka bergembira dengan kehidupan di dunia, padahal kehidupan dunia itu (dibanding dengan) kehidupan akhirat, hanyalah kesenangan (yang sedikit).




  

Artinya: Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?

Berdasarkan ayat diatas kesenangan-kesenangan duniawi itu hanya sebentar dan tidak kekal. Janganlah orang terperdaya dengan kesenangan-kesenangan dunia, serta lalai dari memperhatikan urusan akhirat.




  



Artinya: Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.




 




Artinya: Katakanlah: "Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan) rezki yang baik?" Katakanlah: "Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat." Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui.

Perhiasan-perhiasan dari Allah dan makanan yang baik itu dapat dinikmati di dunia ini oleh orang-orang yang beriman dan orang-orang yang tidak beriman, sedang di akhirat nanti adalah semata-mata untuk orang-orang yang beriman saja.

Demikianlah wahai kaum muslimin, jika kita memperhatikan ayat-ayat Allah tersebut diatas, maka orang yang mempunyai akal akan senantiasa mengutamakan kehidupan yang kekal tersebut. Ada sebuah pernyataan. “Kalau begitu kita ibadah terus saja sepanjang malam dan sepanjang hari…. Tidak usahlah kita mencari dan mengurusi kehidupan dunia yang fana ini.!!!” Maka tidaklah demikian. Kita telah ditakdirkan oleh Allah hidup di dunia ini, maka tugas kita menjalani takdir tersebut sebaik-baiknya. Persoalannya adalah tidaklah membenturkan atau mempertentangkan antara kehidupan dunia dengan kehipan akhirat, namun yang dikehendaki Allah adalah membuat prioritas, dimana kehidupan akhirat harus diutamakan dibandingkan dengan kehidupan duniawi, karena yang terjadi adalah ketika seseorang jauh dari petunjuk Allah, dan hawa nafsunya telah dikendalikan oleh syeitan, maka ia akan lalai terhadap kehidupan akhirat atau menganggap remeh sehingga dalam menjalani kehidupan didunia ini semata-mata mengejar kesenangan untuk memperturutkan hawa nafsunya. Wal ‘iyadzubillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar